Jumat, 22 Februari 2008

" Pencapaian Hidup "

Kita berjalan sejauh mungkin atau kita mendaki setinggi mungkin hanya untuk melakukan pencapaian diri karena keberhasilan seseorang menurut kita adalah dengan meraih atau melakukan sesuatu yang berharga. Semuanya kita lakukan hanya untuk diri kita sendiri dan kadang kita terlalu egois untuk melakukan semuanya berdasarkan apa yang kita mau dan kita harapkan bukan sesuatu yang orang lain inginkan dari kita.

Aku ingin menjadi juara pertama lomba menyanyi tingkat internasional. Semua yang kupikirkan adalah tentang merasakan kemenangan itu bukan bagaimana aku meraih kemenangan itu. Banyak orang yang gagal meraih mimpi hanya karena mereka lebih memikirkan segi kesenangan sementara bukan kualitasnya.

Perumpamaan lomba menyanyi adalah hanya salah-satu contoh dari hasrat manusia tuk meraih mimpi. Satu contoh saja mungkin tidak cukup untuk menyadarkan kita akan beratnya tugas manusia sebagai seorang individu yang hidup untuk diri sendiri berada di tengah masyarakat dan keluarga. Jika kita gambarkan lebih jauh mengenai pencapaian hidup seseorang mungkin dapat membuat kita menelan ludah atau berkeringat dingin karena kekuatannya begitu dahsyat.

Ada orang yang terbiasa mendapatkan sesuatu dengan mudah dan ada juga yang harus bersusah payah. Intinya adalah mereka semua memiliki konsistensi diri untuk berusaha mendapatkan mimpi dan harapan dan juga mereka yang bersusah payah untuk mempertahankannya. Mungkin mereka harus menyikut siku kiri mereka atau juga siku kanan mereka karena itu adalah pertahanan hidup.

Hidup itu indah jika semua orang bersikap manis dengan hidup dan manusia menjadi indah jika semua menjadi manis dengan dirinya. Manusia bisa menjadi serigala yang mematikan jika orang-orang disekelilingnya memanfaatkannya, atau bahkan tidak menghargainya. Semua itu adalah yang kita sebut dengan usaha pengukuhan diri sebagai sesuatu atau menjadi sesuatu. Manusia berusaha menunjukkan bahwa diri mereka ada bahkan dengan sesuatu yang licik pun tetapi kadang mereka tidak bisa melakukan sesuatu yang sama dengan apa yang mereka harapkan kepada orang lain.

Orang-orang berkata tolonglah hargai aku karena aku ada disini dan keberadaanku jelas disini tapi kenapa kalian menghiraukan aku. Apa yang salah dengan diriku. Orang lemah ini tidak menyadari bahwa eksitensinya akan dihapus seiring berjalannya waktu dan karena dia adalah manusia lemah akhirnya dia menyerah pada permainan dan membiarkan dirinya ditenggelamkan waktu. Mungkin kekuatannya tidak sebanding dengan apa yang sedang menghalangi jalannya sekarang tapi mungkin ketidakberdayaannya dapat membuat manusia-manusia disekelilingnya dapat sedikit meredam hasrat bersaing yang hebat.

Manusia yang bisa mengatur arus persaingan dan orang-orang disekelilingnya untuk turut serta dalam permainan tersebut adalah manusia yang kokoh secara logika tapi lemah secara hati. Apapun juga akan dijadikan sebagai sesuatu yang halal dan resmi menurut pandangannya dan dia akan berusaha meyakinkan orang-orang disekelilingnya dengan sekuat tenaga untuk memuluskan niat sucinya itu.
Apakah sebenarnya yang dicari oleh manusia seperti ini? Mungkin mereka tidak puas dengan apa yang sudah mereka capai atau mereka pernah tertindas dengan kondisi yang sama dan ingin orang lain merasakan hal itu juga. Jangan terlalu terfokus dengan penjabaran yang ada, mungkin saja semua itu hanya bagian dari prasangka atau memang ada unsur kebenaran di dalamnya atau juga pendapat yang dikemukakan dari hasil pengamatan mendalam.tetapi berusahalah menerima sesuatu dengan terbuka dan jika bersedia mengakui bahwa ini memang ada dan pernah terjadi di dalam sebagian perjalanan hidup kita sebagai manusia sempurna.

Ingat bahwa manusia seperti ini akan selalu ada dimana pun kita berada. Mereka akan selalu berlari, melompat atau bahkan lebih radikalnya lagi menerkam dengan taringnya yang tajam dan panjang. Berhati-hatilah dan selalu waspada dan jangan lengah oleh setiap keramahannya karena itu semua adalah hanya untuk menyamarkan diri mereka yang sebenarnya.

Mungkin tadi sedikit gambaran mengenai manusia perkasa. Sekarang tidak menutup kemungkinan untuk menguraikan mengenai manusia yang memang sudah ditakdirkan dengan kemampuan luar biasa tanpa harus mengasahnya lagi atau bahkan mengejarnya. Kemampuan luar biasa bukan berarti berarti memiliki kemampuan super seperti layaknya superhero tetapi adalah sebagian mereka yang telah dititipkan harta melimpah, kesenangan dan kekuasaan tanpa harus mengejarnya mati-matian.

Mungkin hanya ada sedikit jiwa kompetisi di dalam diri mereka. Sebagian dari mereka berkata “Ngapain gw susah payah melakukan hal ini dan itu toh gw udah memiliki semuanya”. Itu khan kata orang super tapi belum tentu kata orang calon super. Biasanya ini yang orang calon super katakan “Lihat aja gw akan mengalahkan kalian semua” tapi ngga tau ngalahinnya pakai apa atau dengan cara yang seperti apa.

Jiwa menerima orang super mungkin patut kita acungin jempol. Setidaknya mereka tidak akan menerkam manusia lainnya untuk sementara waktu sedangkan jiwa orang calon super juga patut kita perhitungkan karena mereka memiliki jiwa bersaing yang kuat dan tangguh dan itu bahkan bisa mengangkat pencapaian mereka atau juga bisa menghancurkannya.

Semua gambaran diatas adalah hanya sekedar wacana berpikir saja. Berilah dirimu sendiri sesaat untuk merenungkan hal-hal yang kalian anggap tidak penting karena tidak menutup kemungkinan dari hasil perenungan tersebut anda mendapat sesuatu yang luar biasa diluar dugaan anda. Jadi apapun kesimpulan anda dan bagaimanapun anda menyikapinya, semua keputusan ada di tangan anda. Hal-hal besar ada di dalam kehidupan manusia karena hal-hal kecil juga menyertainya.

Tidak ada komentar: